Minggu, 16 Juni 2019

Soal 5: Manusia dan Keindahan

1. Siapa tokoh yang mendefinisikan keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat?
A. Leo Tolstoy 
B. Alexander Baurngarten
C. Sulzer
D. Hebert Read

2. Dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah adalah…
A. Ekstansi
B. Kontemplasi
C. Nilai ekstrinsik
D. Nilai intrinsik

3. Keindahan terbagi menjadi dua yaitu..
A. Keindahan alami dan keindahan buatan
B. Keindahan rasional dan unrasional
C. Keindahan dari tuhan dan keindahan dari manusia
D. keindahan sebagai abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah

4. Yang tidak termasuk dalam teori keserasian yaitu…
A. Teori Objektif
B. Teori Subjektif
C. Teori Observasi
D. Teori Perimbangan

5. Contoh dari keindahan hanya dilihat yaitu :
A. Meja
B. Rak buku
C. Sketsa
D. Cermin

ESAI
SOAL
1. Apa itu pengertian keindahan?
2. Apa perbedaan antara keindahan sebgai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah?
3. Apa arti keindahan menurut Sulzer?
4. Sebutkan teori-teori dalam renungan!
5. Apa yang dimaksud ekstansi dan kontemplasi?

JAWAB
1. Keindahan adalah Sesuatu yang membuat diri maupun hati  terkagum – kagum akan suatu pesona dari manusia, benda, lingkungan tempat tinggal maupun pemandangan alam yang dilihatnya.
2. Keindahan terbagi menjadi dua, yaitu keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah (keindahan hanya dillihat).
Keindahan Sebagai Abstrak
Abstrak yang dimaksud ialah karya seni dapat dilihat dengan nilai fungsi masing – masing. Suatu yang memiliki fungsi tertentu akan sesuatu diubah menjadi karya seni dengan keindahannya yang disebut keindahan abstrak. Contohnya seperti lampu biasa yang memiliki fungsi untuk menerangkan suatu ruangan kemudian diberikan keindahan abstrak didalamnya agar lampu terlihat indah.
Keindahan Hanya Dillihat
Yaitu keindahan yang hanya dapat dilihat dan dirasakan dengan Indra mata. Tanpa memiliki nilai fungsi d dalamnya tetapi hanya untuk suatu keindahan yang kita lihat dan kita nikmati jika memadangnya. Contohnya seperti pajangan, lukisan, sketsa, patung dan lain -lain masih banyak lagi.
3. Menurut Sulzer, yang indah itu hanyalah yang baik. Jika belum baik, ciptaan itu belum indah. Keindahan harus dapat memupuk pcrasaan moral. Jadi ciptaan amoral adalah tidak indah, karena tidak dapat digunakan untuk memupuk moral.
4. Teori-teori dalam renungan :
Teori Pengungkapan
Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” (Seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia). Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.
Teori Metafisik
Teori metafisik merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Seniman besar adalah seseorang yang mampu dengan perenungannya itu menembus segi-segi praktis dari benda-benda di sekelilingnya dan sampai pada makna yang dalam, yakni memahami ide-ide dibaliknya.
Teori Psikologis
Salah satu dari teori psikologis ialah teori permainan yang dikembangkan oleh Freedrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1903). Seni merupakan semacam permainan yang menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan.
5. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © CIBIRAN HALUS | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com